Menciptakan Ide Bisnis

Banyak orang yang ingin memiliki usaha sendiri dengan alasan untuk menambah penghasilan, atau ada juga ingin menjadikannya sebagai penghasilan utama, tetapi setelah beberapa waktu tidak  juga  berani melakukan apapun untuk mewujudkannya.

Mengapa? Karena dipikiran mereka tanpa modal (uang) tidak  akan bisa membuka usaha.

Memang sebagian besar orang  selalu mengeluhkan ketiadaan modal (uang)  sebagai alasan mengapa mereka “enggan” berwirausaha. Padahal, sebenarnya uang bukanlah modal yang paling vital untuk memulai berwirausaha, tetapi modal non-fisik, yakni mindsetseorang pengusaha berupa motivasi  dan keberanian memulai  serta langkah nyata.

Bagaimana Mencari Ide Bisnis

Tidak harus bergelar pendidikan tinggi untuk bisa menemukan ide bisnis cemerlang. Siapapun bisa menemukan ide bisnis yang kemudian bisa menghasilkan uang secara terus-menerus untuk Anda.

Ide-ide bisnis itu bertebaran dimana-mana. Mulai di internet sendiri, sampai keadaan di sekitar Anda. Ide-ide itu bisa bersembunyi di dapur Anda, di garasi rumah, atau mungkin di kolong tempat tidur Anda. Juga dalam diri Anda sendiri.

Menemukan ide bisnis itu sebenarnya sederhana yaitu ketika Anda mampu menemukan sebuah masalah dan mampu memberikan solusinya, maka jadilah sebuah peluang bisnis.

Ide Bisnis Tanpa Modal Uang

Jadi ternyata uang bukanlah modal utama dalam memulai bisnis. Nah sekarang seandainya Anda telah memiliki modal bisnis berupa mindset pengusaha tadi, bisnis apa yang dapat Anda lakukan tanpa memiliki uang?

Contohnya, Anda bisa menjadi seorang perantara. Misalnya, menjadi perantara jual beli tanah, jual beli rumah, jual beli mobil dan lain-lain. Keuntungan yang didapat bisa dari komisi penjualan atau dari cara lain atas kesepakatan Anda dengan pemilik produk.

Bisa juga Anda menjual jasa, misalnya jasa mengurus SIM, samsat mobil/motor, atau jasa mengurus surat menyurat lainnya.

Bisniskan hobi Anda, misalnya Anda pintar  bermain gitar, kenapa tidak membuka kursus bermain gitar saja. Para peserta diwajibkan membawa gitar kesayangannya masing-masing.

Masih ada cara lain memulai bisnis tanpa Anda memiliki uang tunai.

Contohnya, menggunakan sistem bagi hasil.

Biasanya, cara bisnis model ini banyak diterapkan pada rumah makan. Di mana Anda sebagai orang yang memiliki keahlian memasak, sementara patner bisnis Anda sebagai pemilik modal uang.

Anda bekerjasama dan keuntungan yang didapat pun dibagi sesuai kesepakatan bersama.

Atau Anda mungkin ingin cara lain? Tentu masih ada. Contohnya, jika memiliki keahlian tertentu, mengapa tidak menjadi seorang konsultan saja, misalnya konsultan interior, konsultan bangunan.

Selain itu, bisa saja dengan cara Anda mengambil dulu produk yang akan diperdagangkan, hanya untuk pembayarannya bisa Anda lakukan setelah produk tersebut terjual pada konsumen. Misalnya Anda bantu menjualkan baju kebaya milik tukang jahit, jika bajunya sudah terjual, Anda mendapatkan komisi.

Tentu, masih banyak cara lain untuk Anda memulai bisnis tanpa uang tunai.

Segera Take Action

Tapi yang harus Anda ingat bahwa ide bisnis kreatif hanyalah ide bisnis, tidak lebih. Ide bisnis kreatif bukanlah sebuah bisnis. Kuncinya adalah pelaksanaan. Membangun bisnis itu perlu kerja keras,

ketabahan dan manajemen keuangan yang baik. Baru kemudian Anda tambah dengan menu selalu kreatif.

Anda tidak perlu membawa sebuah ide bisnis gila yang dahsyat dengan menciptakan sistem operasi buatan Anda sendiri.

Banyak orang yang tidak ingin memiliki bisnis kelas dunia yang berukuran super raksasa seperti Bill Gate dengan microsoft windows-nya. Mereka hanya ingin memiliki perusahaan yang menguntungkan. Anda bisa tiru itu.

Nah sekarang, kira-kira Anda sudah menemukan ide bisnis usaha Anda?

Kalau belum, segera Anda cari. Timbanglah ide-ide bisnis Anda dengan cermat dan laksanakan ide bisnis terbaru tersebut.

Dengan Anda memiliki kemauan besar menjadi seorang wirausahawan atau entrepreneur, maka setidaknya akan selalu ada jalan untuk memulai bisnis. Nyatanya, tidak sedikit pengusaha yang telah meraih keberhasilan meski saat memulai bisnisnya dulu tanpa memiliki uang tunai.

Seorang entrepreneur jangan takut bermimpi, karena mimpi Anda adalah tidak lain dari bagian visi Anda yang akan menjadikan cetak biru (blue print) kenyataan. Oleh karena itu, rezeki yang Anda inginkan bisa mengikuti mimpi Anda, bahkan dalam banyak realitas, rezeki itu berbanding lurus dengan mimpi Anda.

Jadi, bila Anda sudah berani untuk memulai langkah, cobalah mewujudkan ide bisnis. Entrepreneur harus pantang menyerah. Yang harus dilakukan hanyalah mencoba dan terus mencoba. Untuk itu, logis kalau Anda harus berani menghadapi kegagalan berulang-ulang dan anggaplah hal itu sebagai proses belajar menuju kesuksesan.

Dengan demikian yang namanya kegagalan tak akan pernah Anda kenal dalam kehidupan Anda. Oleh karena di dalam diri seorang entrepreneur tidak mengenal kamus gagal, yang ada hanyalah sukses atau terus belajar.

Untuk meraih sukses seorang entrepreneur itu tak kenal istilah berhenti mencoba! Jadi, gagal itu biasa, terus mencoba dan berani gagal lagi itu baru luar biasa! Jangan patahkan semangat dengan mengukur kegagalan Anda tapi lihatlah berapa kali Anda berani bangkit dan mencoba lagi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *